Header Ads

test

Kabuapetn Maybrat merupakan suku A-3,Ayamaru, Aitinyo dan Aifat

Kabupaten Maybrat adalah sebuah kabupaten di Papua Barat, Indonesia. Pada 16 Januari 2009 disahkanlah UU RI Tahun 2009 Nomor 13 tentang Pembentukan Kabupaten Maybrat . Pemekaran dari  Kabupaten Sorong Selatan. memiliki luas wilayah 5.461,69 km². Jumlah penduduk kabupaten Maybrat pada tahun 2018 sebanyak 40.649 jiwa, laki-laki 17.412 jiwa dan perempuan 16.804 jiwa

Pada tanggal 15 April 2009  dengan penunjukan Bernard Sagrim sebagai krateker Bupati Sementara dengan 11 distrik ,antara lain :

Distrik Aifat
Distrik Aifat Utara
Distrik Aifat Timur
Distrik Aifat Selatan
Distrik Aitinyo Barat
Distrik Aitinyo
Distrik Aitinyo Utara
Distrik Ayamaru
Distrik Ayamaru Utara
Distrik Ayamaru Timur
Distrik Mare

Kabuapetn Maybrat merupakan kumpulan suku A-3 yakni Ayamaru, Aitinyo dan Aifat. kebersamaan secara sosial, ekonomi, budaya diantara tiga suku ini. Konsep dasar anu beta tubat dalam bahasa daerah Maybrat . Budaya kebersamaan yang selama ini diwujudkan dalam bentuk kain timur yang berperan sebagai pengikat hubungan sosial.

Beberapa unsur budaya yang menjadi kesamaan antara beberapa suku di tanah papua, marga atau keret menjadi suatu ikatan.

Suku Maybrat mayoritas adalah penganut agama Nasrani, yaitu agama Kristen Katolik dan Kristen Protestan. Mereka kebanyakan bermukim di sepanjang jalan-jalan antar Kampung di kabupaten maybrat.

Dalam hal pendidikan, generasi muda Suku Maybrat juga banyak menempuh pendidikan baik di wilayah Papua seperti Jayapura, Manokwari, dan Sorong, maupun ke luar daerah seperti Jawa, Sulawesi, dan Sumatra.

Bahasa Maybrat  digunakan dalam kehidupan  sehari-hari. dan juga mempererat hubungan sosial diantara masyarakat Maybrat. seperti pertukaran kain timur sebagai semangat solidaritas antar kehidupan kebersamaan mereka.


No comments